Selamat datang di Sistem Informasi Desa Cikulak Kidul Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon

Artikel

Visi dan Misi

19 September 2019 14:30:50 Administrator Berita Desa

A. Visi

adalah suatu gambaran atau cita-cita tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan Desa. Berdasarkan kondisi saat ini dan tantangan yang akan dihadapi dalam 6 (enam) tahun mendatang serta dengan mempertimbangkan modal dasar yang dimiliki, maka Visi pembangunan Desa Cikulak Kidul, Tahun 2018 sampai dengan Tahun 2023 adalah terwujudnya Desa Cikulak Kidul, yang “Bahagia dan Sejahtera”, yang dapat diartikan sebagai Desa yang warganya memiliki perekonomian yang mapan, sehingga terciptanya kehidupan warga yang bahagia dan sejahtera.

 Desa Cikulak Kidul dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di desa, seperti pemerintah desa. BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga masyarakat desa dan masyarakat desa pada umumnya. Untuk menegakkan Visi ini diantaranya dengan meningkatkan peran aktif semua pihak yang mencakup :

1) Menyikapi sepenuhnya bahwa perubahan ada ditangan sendiri, Tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum apabila kaum itu sendiri tidak mau merubah nasibnya sendiri;

2) Mencintai negeri sendiri, tanah kelahiran, tempat kita tumbuh, berkembang dan berkarya,  karena cinta terhadap tanah air merupakan sebagian dari Iman.

VISI DESA CIKULAK KIDUL

 Terciptanya pembangunan moral masyarakat desa Cikulak Kidul dalam rangka menunjang program pembangunan Kabupaten Cirebon menuju kehidupan manusia yang bahagia sejahtera”

B. Misi

  1. Menciptakan masyarakat yang agamis.
  2. Meningkatkan moral Aparatur Pemerintahan Desa dan Masyarakat.
  3. Meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat diberbagai bidang.
  4. Ikut serta mensukseskan pendidikan bagi masyarakat.
  5. Meningkatkan masyarakat untuk menuju hidup sehat dan dinamis.
  6. Memotifasi masyarakat untuk menumbuh kembangkan perekonomian pedesaan dan sosial masyarakat.

 Sebagaimana penyusunan visi di atas, pendekatan yang dilakukan dalam menyusun misi adalah dengan menggunakan pendekatan partisipatif dan mempertimbangkan potensi dan kebutuhan Desa. Misi memuat pernyataan- pernyataan yang harus dilakukan Desa agar Visi Desa tersebut dapat tercapai. Adapun Misi Desa Cikulak Kidul adalah sbb:

1) Peningkatan Sumber daya Manusia

Sebagai salah satu sumber Potensial untuk dikembangkan SDM sangat penting untuk terus ditingkatkan agar kualitas pembangunan semakin baik dan inivatif serta professional. Dengan mengambil kata Langkah yang Mulia dari Visi Desa diatas diharapkan masyarakat dapat lebih berdaya saing dimanapun mereka berada, namun tetap membawa nilai-nilai yang positif :

  1. Meningkatkan Rasa persatuan dan kesatuan antar sesame
  2. Peduli sesama antar warga
  3. Cinta akan tanah kelahiran sendiri
  4. Percaya diri dan Optimis bahwa kami bisa. 

2) Bidang Pendidikan dan Keagamaan

Bidang pendidikan dan keagamaan menjadi Pertimbangan utama dalam menetapkan prioritas pembangunan Desa, selain dari menetapkan. Prioritas selanjutnya adalah Kesehatan mulai dari persiapan regenerasi, peningkatan kualitas kesehatan bayi dan Balita, Usia sekolah, Remaja, Keluarga dan Orangtua, semuanya harus mendapat akses pelayanan yang memadai.

 3) Ekonomi

Ekonomi menjadi sasaran pembangunan dalam setiap tahun anggaran, dengan berbagai cara dan korektif terhadap kelembagaan yang ada, penyediaan pelayanan dan fasiltasi kepentingan masyarakat dalam menumbuh kembangkan
ekonominya.

 4) Penataan Prasarana Fisik

penataan prasarana fisik umum yang baik, konstruktif dan representatif, guna menunjang kegiatan masyarakat baik Pendidikan, Agama, Ekonomi maupun sosoal Budaya.

cek
19 September 2019 12:24:25
test komen

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Peta Wilayah Desa

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Website Terkait

Pemprov jabar Pemprov jabar

Sinergi Program

Fans Page

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung